Tahukah Anda Manfaat Minyak Cengkeh untuk Kesehatan?


manfaat minyak cengkeh untuk kesehatan

0822 1812 0457 – Sebagai bangsa Indonesia, kita semua pasti sudah mengetahui tentang cengkeh. Ya, jenis tanaman yang satu ini banyak tumbuh subur di negara kita. Sejak jaman dahulu, negara kita terkenal memiliki tanaman rempah yang mendunia dan sangat diminati oleh negara lain, salah satunya adalah cengkeh.

Salah satu manfaat yang dapat diambil dari tanaman cengkeh adalah minyak cengkeh atau clove oil. Disini Saya ingin berbagi sedikit informasi mengenai manfaat minyak cengkeh atau clove oil untuk kesehatan.

Fakta Tentang Nutrisi dalam Cengkeh

Menurut hasil penelitian para ahli, ada banyak sekali nutrisi yang ditemukan pada tanaman cengkeh. Dalam 100 gram cengkeh memiliki kandungan: 65g karbohidrat, 6g protein, 13g lipida total, 2g gula, 274 kkal energi, dan 33g serat makanan.

Selain itu, cengkeh juga mengandung berbagai macam mineral seperti kalsium, besi, magnesium, fosfor, kalium, sodium, dan seng. Sedangkan jenis vitamin yang terdapat dalam cengkeh diantaranya adalah vitamin C, thiamin, riboflavin, niasin, folat, vitamin B6, vitamin B12, vitamin A, vitamin E, vitamin D, dan vitamin K.

Cengkeh juga memiliki senyawa bioaktif, beberapa diantaranya adalah: flavonoid, heksana, metilen klorida, etanol, timol, eugenol, dan benzena. Biokimia ini telah diteliti dan memiliki berbagai khasiat, termasuk antioksidan tinggi, antiseptik alami, mencegah kerusakan liver, anti bakteri, dan anti peradangan.

Manfaat dan Khasiat Minyak Cengkeh untuk Kesehatan

Selama ini mungkin Kita hanya mengenal minyak cengkeh bisa digunakan untuk mengobati sakit gigi dan gusi saja. Padahal, minyak cengkeh atau clove oil sejatinya memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan kita. Berikut ini adalah beberapa manfaat minyak cengkeh (clove oil) yang sudah terbukti dan teruji:

  • Perawatan gigi: Manfaat minyak cengkeh yang paling menonjol adalah untuk perawatan gigi. Sifat minyak anti kuman alami membuatnya sangat efektif untuk menghilangkan sakit gigi, sakit gusi, dan bisul mulut. Karena minyak cengkeh mengandung eugenol, memiliki sifat anti peradangan yang sangat kuat, yang telah digunakan dalam dunia kedokteran gigi selama bertahun-tahun.

Berkumur dengan minyak cengkeh yang diencerkan dapat membantu mengurangi rasa sakit dan radang tenggorokan. Wangi khas minyak cengkeh juga sangat membantu untuk menghilangkan bau mulut. Minyak cengkeh juga efektif untuk mengobati gigi berlubang.

  • Menghilangkan stres: Minyak cengkeh adalah afrodisiak (zat yang dapat meningkatkan gairah) alami, oleh karena itu dapat berfungsi sebagai pereda stres yang sangat baik. Minyak cengkeh memiliki efek merangsang pada pikiran dan dapat menghilangkan kelelahan mental. Minyak cengkeh juga dapat menyebabkan ngantuk dan sangat membantu orang yang menderita insomnia. Hal ini juga berguna untuk mengobati gangguan saraf seperti kehilangan ingatan, depresi, dan kecemasan.
  • Anti Infeksi: Karena sifat antiseptiknya, minyak cengkeh bisa digunakan untuk mengobati luka, kudis, infeksi jamur, memar, biang keringat, eksim, herpes, dan jenis luka lainnya. Selain itu bisa juga digunakan untuk mengobati gigitan serangga dan sengatan serangga. Namun untuk orang yang punya kulit sensitif harus lebih hati-hati.
  • Meredakan sakit kepala: Jika minyak cengkeh dicampur dengan garam dan dioleskan di dahi, maka akan memberi efek pendinginan dan membantu menghilangkan sakit kepala. Minyak cengkeh memiliki banyak flavonoid di dalamnya, yang bersifat anti-inflamasi (anti peradangan).

Jika dioleskan secara topikal ke pelipis atau leher, kualitas anti inflamasi ini akan menghilangkan peradangan atau ketegangan yang sering menimbulkan sakit kepala. Untuk alasan yang sama, minyak cengkeh digunakan sebagai pereda nyeri pada bagian tubuh lainnya, seperti sendi dan otot yang terlalu banyak bekerja, untuk memberikan sedikit kelegaan dari peradangan atau pembengkakan yang menyakitkan.

  • Bagus untuk penderita diabetes: Penelitian telah menunjukkan bahwa minyak cengkeh murni dapat mempertahankan tingkat insulin dalam darah dan oleh karena itu bermanfaat dalam menyembuhkan diabetes. Minyak cengkeh juga dapat memperkuat metabolisme tubuh dengan menjaga sirkulasi darah dan mengurangi suhu tubuh. Minyak cengkeh juga mampu untuk memurnikan darah.
  • Perawatan kulit: Minyak cengkeh sering direkomendasikan untuk perawatan kulit, terutama bagi penderita jerawat. Cukup oleskan pada kulit yang berjerawat menggunakan kain bersih dan kering. Minyak cengkeh banyak digunakan dalam produk untuk mengurangi efek penuaan, seperti keriput, kulit kendur, dan peremajaan wajah untuk mata. Minyak cengkeh dapat meningkatkan aliran darah di bawah kulit yang tidak sehat dan membuatnya terlihat lebih muda lagi.
  • Mengatasi masalah pernafasan: Minyak cengkeh memiliki efek pendinginan dan anti-inflamasi, dan sering digunakan untuk membersihkan saluran hidung. Ekspektoran ini merupakan pengobatan yang berguna untuk berbagai gangguan pernafasan termasuk batuk, pilek, bronkitis, asma, sinusitis, dan tuberkulosis. Mengunyah kuncir cengkeh dianjurkan untuk menenangkan sakit tenggorokan.
  • Mengobati sty / tembel / styes: Cengkeh dan minyak cengkeh adalah obat rumah yang sangat efektif untuk merawat sty. Sty adalah peradangan pada bulu mata dan bisa menjadi kondisi yang sangat menjengkelkan dan menyakitkan. Hal itu menyebabkan kesulitan dalam fungsi mata. Minyak cengkeh juga telah terbukti sebagai pencegahan infeksi mata lainnya karena sifat antibakterinya.
  • Obat sakit telinga: Campuran minyak cengkeh hangat dan minyak wijen merupakan obat yang baik untuk sakit telinga.
  • Mengatasi gangguan pencernaan: Minyak cengkeh secara tradisional sangat efektif untuk pengobatan masalah sekitar perut seperti cegukan, gangguan pencernaan, mabuk perjalanan, mual, muntah, dan perut kembung.
  • Meningkatkan Sirkulasi darah: Minyak cengkeh meningkatkan metabolisme tubuh Anda dengan meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi suhu tubuh. Peningkatan sirkulasi darah biasanya berarti pengurangan ketegangan pembuluh darah, masalah yang umumnya terkait dengan sakit kepala tegang. Selain itu, peningkatan sirkulasi menambah oksigenasi sistem darah dan organ, yang meningkatkan metabolisme dan meningkatkan efisiensi organ.
  • Memurnikan darah: Penelitian telah menunjukkan bahwa aroma ekstrak minyak cengkeh benar-benar dapat mengurangi toksisitas dalam darah dan merangsang aktivitas antioksidan ke seluruh tubuh, sehingga meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta memurnikan trombosit.
  • Mengobati Kolera: Studi yang dilakukan oleh banyak praktisi medis menunjukkan bahwa minyak cengkeh berguna untuk mengobati kolera.

Demikianlah beberapa kegunaan minyak cengkeh atau clove oil yang harus Anda ketahui. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk Anda.

Terima kasih….

 

sumber:

https://www.organicfacts.net/health-benefits/essential-oils/health-benefits-of-clove-oil.html

# https://draxe.com/clove-oil-uses-benefits/

http://www.naturallivingideas.com/clove-oil-benefits-uses/

 

 

 

 

Advertisements

Author: Tatang "GOODFIT" Tarmudi

Goodfit Propolis adalah sebuah merk obat herbal terbaik, ampuh dan aman untuk digunakan oleh ibu hamil, ibu menyusui, bayi, dan balita. PERTAMA dan SATU SATUNYA di Indonesia merk propolis yang menggabungkan manfaat propolis dan manfaat clove oil

33 thoughts on “Tahukah Anda Manfaat Minyak Cengkeh untuk Kesehatan?”

Silahkan Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s